Rabu, 15 Februari 2012

Cara mudah membuat anak remaja agar betah dirumah,Rizma Vira

Buat Anda yang memiliki putra-putri yang kini sudah beranjak remaja, mungkin sudah mulai sulit bagi Anda untuk membuat mereka betah di rumah. Rasanya sulit ‘memaksa’ anak untuk lebih lama tinggal dirumah. Kenapa?
Semakin Anda mengekang maka keinginan untuk 'jauh' dari rumah semakin besar. Situasi ini masih wajar, bahkan mungkin Anda pun pernah mengalaminya saat muda dulu?
Ada banyak alasan mengapa mereka cenderung ingin ‘jauh’ dari rumah daripada mendengarkan nasehat orangtuanya. Padahal disadari atau tidak remaja masih sangat membutuhkan bahkan bergantung kepada orangtua mereka, lalu bagaimana mengatasinya?
Sebagai orangtua, displin dan komunikasi adalah dua kunci utama dalam menyelesaikan masalah tersebut. Anda tidak perlu sampai marah atau ‘meneriaki’ anak dengan bermacam perintah karena hal itu yang bisa membuat Anda jauh dari si buah hati. Anda hanya perlu mengajarkan disiplin pada anak-anak Anda sejak dini bahkan sebelum mereka mengerti apa itu displin.
Diskusikan peraturan apa saja yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. Anda bisa memulainya dengan hal-hal yang sederhana seperti jadwal menoton televisi, bermain, belajar dan kumpul keluarga. Buat kesepakatan, sehingga mereka bisa sekaligus belajar bertanggung jawab dengan keputusan bersama yang telah dibuat. Namun jika anak menolak maka Anda harus mendengarkan pendapat mereka dan carilah solusi agar bisa diterima oleh semua anggota keluarga.
Bila sudah terbiasa dengan komunikasi dan diskusi maka penegakkan disiplin dalam keluarga akan lebih mudah. Selain itu, pemberian dukungan, atmosfir rumah yang nyaman, akan turut mendukung anak jadi betah di rumah.
Jadilah keluarga kompak untuk menciptakan keluarga harmonis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar